1. aryana Laundry Kiloan, Batam Laundry, Laundry Kiloan Batam
    Laundry Kiloan Batam
  2. Laundry Partai Besar, Laundry Konveksi, Cuci Karpet Murah
    Cuci Karpet Batam
  3. Laundry Kiloan Batam, Seragam Laundry, Uniform Laundry Expert
    Laundry Seragam Perusahaan
  4. Laundry Partai Besar, Laundry Bulanan, Cuci Kiloan Murah
    Paket Bulanan, Dijamin Lebih Murah.

5 Hal Sederhana sebelum ke Laundry Kiloan

Mencuci baju di jasa laundry kiloan atau penatu rasanya sudah lumrah terutama bagi mereka dengan kesibukan yang padat. Saking sibuknya, mereka tidak mempunyai waktu untuk mencuci pakaian sehingga mempercayakan urusan tersebut kepada jasa laundry kiloan..
.

Kehadiran jasa laundry kiloan tentu saja menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang tidak sempat mencuci bajunya sendiri. Tapi sebaliknya, bisa pula berujung pada mimpi buruk jika sembarangan memilih tempat jasa laundry kiloan. Bisa merusak pakaian ataupun kerugian lainnya. Seperti kerugian waktu, biaya, emosi dsb.

Apakah Anda pengguna aktif jasa laundry? Sebelum membiarkan jasa laundry mengambil alih pakaian Anda, simak dulu lima hal sederhana berikut ini.

1. Pahami perbedaan Laundry & Dry-Cleaning

Saat sampai di jasa laundry kiloan, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan: laundry atau dry-cleaning. Pilih mana? Seperti dikutip dari drycleaning.com.sg, laundry adalah proses pencucian pakaian biasa dengan menggunakan air, deterjen dan pelembut (softener). Sementara dry-cleaning, sesuai namanya, merujuk pada teknik pencucian tanpa air alias kering. Pakaian dibersihkan dengan bahan kimia tertentu. Dry-cleaning biasanya dikhususkan untuk pakaian bermaterial mewah dan ringkih, seperti sutra dan wol. Jasa Dry-cleaning biasanya memerlukan biaya yang cukup mahal dikarenakan bahan kimia dan mesin dry-cleaning itu sendiri adalah khusus. Mesin Dry-cleaning sangat berbeda dengan mesin Steamer.

2. Ketahui Jenis Material Pakaian

Mengingat pilihan teknik pencucian sangat ditentukan oleh material pakaian, maka penting bagi Anda untuk mengetahuinya. Informasi soal material dapat dilihat pada label yang umumnya tertera di dalam busana. Bahkan di situ juga tertulis rekomendasi teknik pencucian yang tepat untuk pakaian tersebut. Umumnya pakaian atau jas yang terbuat dari bahan wol harusnya dicuci dengan teknik dry-cleaning bukan cuci biasa. Kecuali bahan jas Anda tahan terhadap pencucian tehnik biasa (cuci basah) dan Anda yakin tentang itu.

3. Lebih Detail Tentang Material Pakaian & Penanganannya

Ada lima jenis material utama yang perlu mendapat perhatian lebih:
a. Pakaian yang berbahan 60 persen sutra harus dicuci dengan teknik dry-cleaning mengingat teksturnya yang sensitif.
b. Muslin atau katun mudah sobek jika tidak ditangani dengan seksama.
c. Bahan kulit dan suede bisa menjadi masalah besar terutama jika terkena noda.
d. Bahan kasmir sangatlah lembut sehingga perlu dicuci kering.
e. Pakaian dengan aplikasi payet, sulaman, atau bebatuan wajib mendapat treatment dry-cleaning agar terhindar dari kerusakan.

4. Memilih Jasa Laundry yang Tepat

Bingung memilih jasa laundry? Menjamurnya jasa laundry dari kelas kiloan hingga jaringan internasional mungkin membuat Anda bingung untuk memilih satu yang tepat. Untuk itu, sesuaikan dulu dengan kebutuhan Anda. Jika hanya ingin mencuci pakaian biasa, pergilah ke jasa laundry kiloan. Agar lebih meyakinkan, minta rekomendasi dari tetangga atau rekan kerja. Sebaliknya, serahkan pakaian yang notabene memerlukan perhatian khusus kepada jasa laundry yang menyediakan layanan dry-cleaning. Perlu diketahui, jasa laundry kiloan biasanya hanya sedikit sekali melayani dry-cleaning, dikarenakan mahalnya harga mesin Dry-cleaning itu sendiri.

5. Biaya

Tidak hanya teknik, pembiayaan dry-cleaning dan laundry biasa juga berbeda. Biaya layanan dry-cleaning biasanya dihitung berdasarkan jumlah pakaian, sedangkan biaya layanan laundry kiloan menurut jumlah atau berat pakaian. Perhatikan pula tanggal pengambilan dan jumlah pakaian yang dicuci. Satu lagi yang tidak boleh terlewat, kondisi pakaian. Sebelum dicuci, ingatkan petugas laundry untuk mencatat kondisi pakaian, baik itu kerusakan atau detail lainnya, supaya penanganannya dapat disesuaikan. Juga pisahkan atau beritahukan kepada pihak laundry jika ada pakaian ada yang luntur jika dicuci. Sehingga tidak tercampur dan pakaian Anda pun bebas dari kerusakan. (dng/dng)

By Daniel Ngantung - wolipop
Sumber : Detik.com dengan beberapa tambahan